yunani iranTeheran, LiputanIslam.com — Kilang terbesar Yunani Hellenic Petroleum melakukan kesepakatan untuk membeli minyak dari National Iranian Oil (NIO), dan ini merupakan transaksi pertama penjualan minyak mentah Iran setelah sanksinya dicabut.

Seperti dilansir WSJ (25/1/2016), Hellenic mengatakan bahwa pihaknya telah menyetujui kesepakatan dalam jangka panjang, dan pengiriman minyak akan segera dimulai.

Wakil Menteri Perminyakan Iran Amir-Hossein Zamaninia dan Menteri Energi Yunani Panos Skourletis mengadakan pertemuan di Athena untuk membahas serangkaian masalah yang terkait dengan energi, termasuk pasokan minyak, gas alam dan energi terbarukan.

Menurut para analis, Hellenic berhutang kepada Iran sebesar 541-650 juta dolar dan belum dibayar karena Iran dikenakan sanksi. Namun dengan adanya perjanjian baru, maka peluang diselesaikannya hutang ini juga terbuka lebar.

Harga minyak dunia sendiri kembali anjlok 3% pada hari Senin (25/1/2016). Padahal, Jumat (22/1/2016) lalu, harga minyak sempat meroket 23% hingga ke level US$ 32/barel. Penurunan harga minyak ini akibat kelebihan pasokan, salah satunya dari Irak yang mengumumkan produksinya berlimpah. Penurunan harga minyak ini memangkas keuntungan perusahaan-perusahaan di dunia.

Sekretaris Jenderal OPEC Abdullah al-Badri mengatakan bahwa ia melihat tanda-tanda bahwa harga minyak akan membaik. Selain itu, ia meminta agar negara-negara anggota OPEC dan anggota non-OPEC bekerja sama untuk mengatasi kelebihan pasokan dalam rangka untuk menopang harga minyak agar tidak terus anjlok. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL