Washington,LiputanIslam.com-Salah satu kandidat Partai Demokrat dalam pilpres 2020 menyatakan, jika dirinya menang dalam pilpres, dia akan membawa Iran dan Saudi ke meja perundingan.

Dalam debat pilpres Rabu malam (20/11) itu, selain menyebut Saudi sebagai “sekutu yang tak bisa dipercaya,” Bernie Sanders juga mengusulkan agar Washington meyakinkan Palestina dan Israel untuk berunding.

Baca: Raja Saudi: Senjata Iran Digunakan Dalam Serangan ke Fasilitas Aramco

“Saudi bukan hanya membunuh Khashoggi saja, tapi juga merupakan diktator kejam yang melakukan segalanya demi melenyapkan demokrasi. Saudi memperlakukan para wanita sebagai warga kelas tiga,”ujar Sanders.

“Jika kita ingin mengkaji ulang kebijakan luar negeri AS, hal yang harus kita ketahui adalah Saudi bukan sekutu yang bisa dipercaya. Kita harus membawa Iran dan Saudi ke ruang perundingan dengan kontrol AS. Harus kita katakan kepada mereka: kami sudah jemu menghabiskan uang dan SDM kami lantaran perseteruan kalian,”imbuhnya.

“Hal yang sama juga berlaku terkait Israel dan Palestina. Tidak baik jika kita hanya memihak Israel. Saya sendiri adalah pendukung Israel, tapi kita juga harus memperlakukan Palestina secara hormat sesuai dengan yang pantas mereka dapatkan,”tandas Sanders. (af/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*