Washington,LiputanIslam.com-Kandidat dari Partai Demokrat untuk pilpres 2020 AS mengkritik pernyataan menlu negara itu terkait perang di Yaman. Bernie Sanders menegaskan, Mike Pompeo berdusta kepada rakyat AS tentang perang tersebut.

Senator senior AS ini menyebut peran besar Washington dalam kejahatan Saudi di Yaman. Dalam akun Twitter-nya, dia mencuit:”Pompeo harus berhenti menyesatkan rakyat AS terkait perang Yaman.”

“Sebenarnya, peran Iran (dalam perang Yaman) hanya sedikit. Kelanjutan dukungan AS terhadap agresi pimpinan Saudi ini akan melemahkan keamanan nasional kita,”lanjutnya.

Tweet Sanders diunggah sebagai tanggapan atas pernyataan Pompeo pada hari Senin (29/4) yang membela dukungan Washington kepada koalisi Saudi.

“Pesawat-pesawat yang terbang dari bandara internasional Riyadh berada dalam ancaman bahaya, dan AS bertugas melindungi para warganya. Sebab itu, dukungan kita terhadap Saudi untuk membendung sistem rudal (Yaman) sangat berguna bagi kepentingan AS,”ujar Pompeo dalam seremoni yang diprakarsai situs Hill.

Di tengah hujan kecaman masyarakat internasional, bahkan Kongres AS, terhadap kejahatan Saudi di Yaman, pemerintahan Trump tak bersedia menghentikan bantuan kepada koalisi Saudi.

Yusuf al-Hadhiri (jubir kemenkes Yaman) baru-baru ini mengumumkan, total ada 37.822 warga sipil Yaman yang menjadi korban agresi koalisi Saudi sejak 2015 hingga sekarang. 12 ribu dari mereka tewas dan 25.741 terluka.

Sektor kesehatan Yaman juga dikabarkan mengalami kerugian sebesar lebih dari 10 milyar dolar.

Baru-baru ini, kongres AS mengesahkan resolusi yang mewajibkan Trump menarik pasukan AS dari Yaman. Namun resolusi itu diveto oleh Trump.

Pekan ini, Senat AS berencana untuk mengadakan pemungutan suara terkait veto Trump tersebut. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*