Riyadh,LiputanIslam.com-Menurut laporan Reuters, raja Saudi, Salman bin Abdul Aziz, memerintahkan untuk memecat kolumnis yang menyamakannya dengan Tuhan. Perintah ini dikeluarkan menyusul kehebohan yang dipicu tulisan kolumnis tersebut.

Setelah memegang kekuasaan tertinggi di Saudi tahun 2015, Raja Salman kerap dipuja-puji oleh para jurnalis penjilat lokal.

Meski demikian, Ramadhan Anzi, kolumnis harian al-Jazirah, telah melampaui batas dalam memuji Raja Salman. Dia menyematkan sifat-sifat al-Halim (penyabar) dan Syadid al-Iqab (Pemberi Hukuman Pedih) yang dikhususkan bagi Tuhan kepada raja Saudi.

Reuters menulis, menisbatkan sifat-sifat ilahi atau salah satu dari 99 Asmaul Husna kepada manusia dilarang keras dalam ajaran Wahabi.

Hariah al-Jazirah akhirnya terpaksa merilis permintaan maaf terkait hal ini, Sabtu (1/7). Media-media Saudi memberitakan, Raja Salman telah menginstruksikan untuk mengambil tindakan tegas terhadap harian tersebut.

Harian Okaz melaporkan, dalam surat yang ditujukan kepada Menteri Penerangan Saudi, Awwad bin Saleh al-Awwad, Raja Salman menyatakan,”Saya tercengang membaca sifat-sifat yang ditulis dalam artikel ini. Saya tidak menerima artikel yang meresahkan ini.”

Ini adalah kali pertama Raja Salman mengkritik pujian-pujian yang dialamatkan kepadanya. Tampaknya, tekanan opini umum Saudi juga berpengaruh pada keputusan sang Raja. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL