sadeq khanLondon, LiputanIslam.com — Sadeq Khan, Walikota London yang baru terpilih menolak mentah-mentah tawaran dari Donald Trump. Calon presiden AS ini menyebut bahwa Sadeq adalah pengecualian atas usulan larangan bagi umat Islam memasuki negara Paman Sam tersebut.

“Seruan Trump untuk melarang kaum Muslim bepergian ke AS secara langsung berpengaruh bagi orang-orang dekat saya. Menjadikan saya pengecualian bukanlah sebuah solusi. Tentunya ini bukan tentang saya semata-mata, melainkan ada teman-teman, keluarga, dan semua orang yang berasal dari latar belakang yang sama dengan saya.” jelas dia, seperti dilansir Press TV (11/5/2016).

Sadeq, yang merupakan putera dari seorang sopir bus asal Pakistan, merupakan Walikota Muslim pertama di London. Ia meraih kemenangan gemilang dalam pemilihan yang diselenggarakan minggu lalu.

Ia bahkan membandingkan kampanye rasis yang dilakukan Trump, serupa dengan kampanye lawannya, Zac Goldsmith, yang merupakan seorang Yahudi.

“Ia berusaha menggunakan rasa cemas warga, perbedaan agama dan ras, untuk berkonflik satu sama lain. Ini adalah kampanye rasis yang menjijikkan, yang sepertinya dipelajari dari Trump,” singgung Sadeq.

“Kekeliruan Trump dalam memandang Islam bisa membuat kedua negara menjadi kurang aman. Ia dan orang-orang disekelilingnya mengira bahwa nilai-nilai liberal ala Barat tidak bisa sejalan dengan Islam, namun London membuktikan bahwa ia salah,” paparnya.

Trump gencar berkomentar negatif terhadap kelompok imigran, juga pada umat Islam selama kampanye. Ia menghendaki larangan mutlak bagi semua orang yang beragama Islam untuk masuk ke AS, dan mendeportasi para imigran ke Meksiko.

Namun ketika Sadeq terpilih sebagai Walikota London, Trump bersikap sedikit lebih lunak. Selalu ada pengecualian, jelasnya, ketika ditanyai oleh media setempat.

Tentu saja, usulan Trump ini dikecam oleh banyak pihak. Gagasan tersebut dinilai sebagai upaya memecah belah, kontra –produktif, dan bertentangan dengan nilai-nilai Amerika. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL