Moskow,LiputanIslam.com-Kepala Departemen Anti Penyebaran Senjata Atom Kemenlu Rusia menegaskan, tidak ada kendala hukum terkait uji coba rudal Iran.

Kantor berita TASS melaporkan, Mikhail Ulyanov mengatakan tidak ada larangan bagi Iran untuk melakukan uji coba rudal-rudalnya. Menurutnya, kesepakatan yang telah dibuat (JCPOA) hanya mengatur program nuklir Iran.

Dia menjelaskan, larangan yang sebelumnya ada di resolusi-resolusi DK PBB telah dicabut. Sebagai gantinya, Iran diminta agar tidak meluncurkan rudal-rudal balistik.

“Tentu bukan semua rudal, tapi hanya rudal-rudal yang bisa membawa senjata pemusnah massal. Ini adalah bagian dari kesepakatan yang harus diikuti,”papar Ulyanov.

Ulyanov berpendapat, saat ini tidak ada bukti kuat bahwa rudal-rudal Iran bisa membawa hulu ledak nuklir atau senjata pemusnah massal lain.

Dia mengatakan,“Kesepakatan nuklir Iran dua tahun lalu adalah kesepakatan efektif. Mereka (Iran) tidak memiliki senjata atom, kimia, atau mikroba. Jadi, apa masalahnya (jika Iran melakukan uji coba rudal)?”

Pejabat Rusia ini berpendapat, mungkin saja sejumlah negara tidak memercayai Iran, karena mereka mengkhawatirkan meningkatnya kemampuan rudal-rudal negara tersebut.

Ulyanov menandaskan, dalam situasi regional saat ini, keberadaan rudal-rudal tersebut adalah untuk menjamin keamanan nasional Iran. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL