NewYork,LiputanIslam.com-Wakil Rusia di PBB menegaskan, sekretariat PBB tidak bisa melakukan investigasi atas aktivitas Iran tanpa adanya izin dari Dewan Keamanan PBB.

“Tanpa instruksi gamblang DK PBB, Iran tidak bisa diperiksa terkait dugaan pelanggaran resolusi 2231 (yang merupakan landasan JCPOA),”kata Vasily Nebenzya, Rabu (12/12).

“Pemeriksaan atau pengawasan apa pun oleh sekretariat PBB, tanpa melihat niatnya, harus dihentikan sekali ini untuk selamanya.”

Pada 1 Desember lalu, Mike Pompeo (menlu AS) mengklaim bahwa Teheran telah melanggar resolusi PBB karena melakukan ujicoba rudal balistik jarak menengah. Pompeo menuding bahwa rudal tersebut bisa memuat beberapa hulu ledak.

Di lain pihak, delegasi Iran di PBB menyatakan, “semua aktivitas terkait rudal balistik Iran sesuai dengan ketentuan dalam resolusi 2231.” Teheran menilai, keluarnya Washington secara sepihak dari JCPOA justru “pelanggaran nyata terhadap resolusi tersebut.”

Statemen Pompeo sendiri ditanggapi langsung oleh jubir angkatan bersenjata Iran. Abol Fazl Shekarchi menegaskan, Iran akan tetap melanjutkan ujicoba rudal guna memperkuat dan meningkatkan kemampuan defensifnya.

Kendati AS terus berkampanye untuk mengajak para anggota DK PBB memusuhi Iran, namun sejauh ini mereka belum bisa sepakat apakah ujicoba rudal Iran melanggar resolusi PBB atau tidak. (af/alalam/mehr)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*