Moskow,LiputanIslam.com-Dua pesawat mata-mata dan pengintai Amerika dikabarkan terbang dari pangkalan udara Mildenhall, Inggris, dan mendekati provinsi Kaliningard, Rusia. Dua pesawat itu adalah tipe Boeing RC-135W dan patroli laut P-8 Poseidon.

Menurut laporan Sputnik, penerbangan spionase dan pengintaian ini dilakukan menyusul insiden antara dua pesawat Rusia dan Amerika baru-baru ini. Awal pekan lalu, sebuah jet Sukhoi 27 milik AU Rusia menempel ketat sebuah pesawat patroli Amerika di perairan Laut Hitam dekat Semenanjung Krimea.

Kementerian Pertahanan Amerika (Pentagon) mengecam tindakan tersebut dan menyebutnya “di luar standar.” Amerika lalu merilis foto-foto yang menunjukkan dekatnya jarak antara dua pesawat tersebut.

Angkatan Bersenjata Rusia menanggapi statemen Pentagon dan menyebut tindakan tersebut legal serta sesuai standar. Pentagon juga diminta untuk menghentikan operasi penerbangan mata-mata dan pengintaiannya di sekitar perbatasan darat dan laut Rusia.

Sejak awal tahun 2018, pesawat-pesawat pengintai Amerika berkali-kali mengangkasa di sekitar perbatasan Rusia. Jumlahnya dilaporkan mencapai 14 kali hanya di perbatasan Rusia di kawasan Baltik saja. Pesawat mata-mata Amerika juga melakukan patroli secara teratur di dekat Semenanjung Krimea. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL