Rusia,LiputanIslam.com—Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan telah memanggil duta besar Israel ke Moskow karena serangan udara yang terjadi pekan lalu di dalam wilayah Suriah.

“Utusan Israel, Gary Koren, “dipanggil” karena insiden yang terjadi pada hari Jum’at. Pada hari itu, pesawat tempur Israel menerobos wilayah udara Suriah dan kemudian membidik beberapa target di dekat Palmyra,” ucap Wakil Menteri Luar Negeri, Mikhail Bogdanov, Senin (20/03).

Pemerintah Suriah mengatakan bahwa mereka telah menembakkan rudal anti-pesawat pada pesawat-pesawat Israel yang mengganggu wilayah mereka. Salah satu pesawat perang Israel telah ditembak jatuh dan yang lainnya mengalami kerusakan.

Bogdanov mengatakan, Moskow “menyatakan keprihatinan” atas serangan udara tersebut. Kantor berita Rusia, Interfax melaporkan bahwa Koren telah dipanggil pada Jumat lalu.

Tentara Suriah mengutuk serangan Tel Aviv sebagai “tindakan agresi” yang dimaksudkan untuk membantu kelompok teror Takfiri Daesh.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, merespon serangan tersebut dan mengklaim bahwa serangan itu ditujukan kepada para pengirim senjata untuk Hizbullah. Hizbullah sendiri merupakan gerakan yang telah membantu pemerintah Suriah dalam pertempuran melawan gerilyawan garis keras di dalam wilayah Suriah.

Suriah telah diserang oleh kelompok militan mematikan sejak Maret 2011. Sejak September 2015, Rusia telah melakukan kampanye udara terhadap Daesh dan pelaku teror lainnya di negara Timur Tengah atas permintaan pemerintah Damaskus.

Serangan udara Israel dilakukan di tengah upaya untuk melakukan gencatan senjata di Suriah dan kemajuan tentara Suriah terhadap posisi kelompok teroris yang dibebaskan karena perundingan damai.

Pada hari Senin, wakil menteri luar negeri Rusia mengatakan bahwa perwakilan dari pemerintah Suriah akan menghadiri perundingan damai yang akan dilaksanakan di Jenewa.

Ia juga menyampaikan harapan Rusia agar kelompok oposisi bersenjata di Suriah dapat mengambil bagian dalam perundingan damai yang bertujuan untuk menemukan solusi politik terkait dengan konflik di Suriah.

Diplomat Rusia mencatat bahwa PBB, Utusan Khusus untuk Suriah Staffan de Mistura, akan berkunjung ke Moskow menjelang perundingan yang dijadwalkan berlangsung akhir bulan ini.(fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL