maria.Moskow, LiputanIslam.com — Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengutuk penggunaan gas klorin terhadap warga sipil di kota Aleppo, Suriah, oleh kelompok teroris Jaish al-Islam. Ia juga mengungkapkan keprihatinan Rusia karena Barat menolak bereaksi terhadap penggunaan senjata kimia di Dewan Keamanan PBB.

“Sebenarnya, militan dari berbagai kelompok radikal pada tahun 2016 telah beberapa kali menggunakan senjata kimia di Suriah dan Irak. Sekarang kelompok Jaish al-Islam memiliki klorin yang digunakan di Aleppo, dan tampaknya mereka bahkan tidak menyembunyikan ini. Jelas kami sangat mengutuk penggunaan zat kimia dalam operasi militer, tanpa kecuali,” Zakharova, Selasa (12/4/2016) seperti yang dilansir Sana.sy.

Dia menambahkan bahwa penggunaan senjata kimia oleh kelompok-kelompok radikal pada tahun 2016 di Suriah dan Irak membuktikan bahwa pemerintah di Damaskus tidak terlibat dalam serangan tersebut, seperti dituduh oleh Barat.

“Penggunaan klorin oleh militan Jaish al-Islam di Aleppo sekali lagi menegaskan apa yang telah kami katakan berkali-kali. Menyalahkan Damaskus atas penggunaan klorin untuk tujuan militer terhadap rakyat sipil sebagaimana yang dipublikasikan di Barat adalah keliru, semua itu adalah ulah kelompok teroris,” tambah dia.

Menurut Rusia, ISIS dan kelompok teroris lainnya sangat potensial menggunakan zat-zat beracun dalam perang di kawasan Timur Tengah.

“Kami secara berkala menyampaikan keprihatinan ini dan mengajukan permintaan tentang perlunya Dewan Keamanan PBB untuk bereaksi terhadap kasus serangan kimia oleh teroris, khususnya melalui amandemen dengan memerikan mandat investigasi kepada Joint Mechanism of the Organization for the Prohibition of Chemical Weapons.”

Zakharova menyoroti bahwa Moskow mendapatkan penentangan dari negara-negara Barat yang tidak ingin mekanisme ini menarik perhatian dari tuduhan penggunaan senjata kimia yang dilayangkan kepada pemerintah Suriah. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL