Damaskus,LiputanIslam.com-Tentara Rusia menyatakan, pihaknya siap menjamin keamanan bagi kelompok bersenjata yang bersedia keluar dari Ghouta Timur.

Menurut Reuters, jika anggota kelompok bersenjata rela keluar bersama keluarganya, mereka akan mendapat perlindungan dari Rusia.

Tentara Rusia berjanji akan menyiapkan langkah-langkah untuk memindahkan dan melindungi siapa pun yang mau menerima tawaran tersebut.

Rusia juga dikabarkan menjamin perlindungan hukum bagi penerima tawaran.

Sejauh ini, baik pemerintah Suriah atau kelompok bersenjata di Ghouta Timur belum memberikan tanggapan atas tawaran itu.

Menurut pasukan Rusia, kelompok teroris pada Senin (5/3) menyatakan, jika mereka mendapatkan makanan dan obat-obatan, mereka akan mengizinkan warga sipil keluar dari Ghouta melalui jalur-jalur aman.

Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan, Bulan Sabit Merah Suriah telah mengirimkan 247 ton bantuan kemanusiaan ke kota tersebut.

Truk-truk pembawa bantuan itu telah memasuki Ghouta Timur kemarin (Senin,5/3). Itu adalah kali pertama sejak operasi darat yang dilancarkan pasukan Suriah guna mensterilkan kota itu dari kelompok teroris.

Namun Palang Merah Internasional menyatakan, bantuan kemanusiaan itu memutar balik dari kota Duma.

Menurut salah satu staf PMI, kondisi mereka aman, namun “mereka memutuskan kembali karena situasi keamanan yang belum kondusif.” Dia mengatakan, dalam situasi saat ini, ada kemungkinan bahwa bantuan itu tidak sampai ke tangan yang tepat.

Tentara Suriah sejak sembilan hari lalu telah memulai operasi pembebasan Ghouta Timur. Hingga saat ini, sekitar 40 persen kawasan itu telah dikuasai pemerintah Damaskus. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*