TelAviv,LiputanIslam.com-Sejumlah sumber Israel meyakini, gangguan dalam kinerja GPS penerbangan komersial Rezim Zionis pada 3 pekan lalu diakibatkan “perang elektronik” yang dilancarkan pasukan Rusia di Suriah.

Dilansir dari situs Breaking Defense, perang elektronik ini dilancarkan Rusia guna mengganggu penerbangan drone teroris, juga mengusik kinerja sistem navigasi jet F-35 dan F-22 milik AS.

Baca: Israel Tangkap Menteri Hubungan Yerusalem al-Quds

Israel di pekan lalu mengabarkan adanya gangguan pada sistem GPS-nya di langit Tanah Terjajah. Namun Tel Aviv mengaku telah mengambil langkah-langkah pengamanan untuk kelancaran penerbangan di bandara Ben Gurion.

Kantor bandara-bandara Israel juga mengkonfirmasi adanya gangguan GPS sejak tiga pekan lalu. Namun penyebab gangguan itu belum diketahui.

Breaking Defense melaporkan, hingga kini Rezim Zionis belum merilis statemen resmi terkait keterlibatan Rusia dalam insiden gangguan GPS tersebut. Situs ini hanya memberitakan bahwa penyelidikan masih terus berlanjut.

Sebuah stasiun radio milik angkatan bersenjata Israel pada Jumat (28/6) mengklaim, Rusia adalah pelaku di balik gangguan GPS itu. Klaim ini sendiri dibantah oleh para pejabat Rusia. Para petinggi militer dan penerbangan Israel sendiri juga menyatakan, hingga kini tak ada bukti yang menunjukkan peran Moskow dalam masalah ini. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Irak Bantah Klaim AS bahwa Serangan ke Pipa Minyak Saudi Berasal dari Irak, bukan Yaman

Dubes Palestina: “Kesepakatan Abad Ini” adalah “Kebohongan Terbesar Abad Ini”

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*