Moskow,LiputanIslam.com-Dilansir oleh Sputnik, menteri luar negeri Rusia menyatakan, negaranya berencana membentuk sebuah aliansi internasional untuk membendung intervensi militer AS di Venezuela.

“Rusia akan membentuk aliansi yang diikuti sejumlah negara, dengan tujuan menghadapi tindakan ini (intervensi militer AS). Meski, tentu saja, aliansi ini sudah terbentuk sebelumnya di PBB,”kata Sergey Lavrov dalam konferensi pers di Tashkent, Uzbekistan, Kamis (2/5).

Lavrov mengatakan, kemarin lusa ia telah berbicara dengan Mike Pompeo (menlu AS). Menurutnya, mereka berdua telah sepakat untuk terus menjalin kontak terkait perkembangan di Venezuela.

“Meski demikian, saya rasa tak ada jalan yang bisa mendekatkan sikap kami (terkait Venezuela). Sikap kami didasari prinsip dan koridor PBB, juga hukum internasional. Sedangkan AS memiliki sikap berbeda. Mereka memilihkan seorang presiden untuk sebuah negara asing,”kata Lavrov.

Dalam beberapa bulan terakhir, AS berusaha keras untuk menggulingkan pemerintahan Nicolas Maduro (presiden Venezuela). Washington secara sepihak mengakui Juan Guaido (pemimpin oposisi dan pion AS) sebagai presiden negara Latin tersebut. AS juga memberlakukan sejumlah intimidasi politik dan ekonomi terhadap Caracas. Bahkan, Washington menggulirkan kemungkinan intervensi militer demi meraih tujuannya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*