Moskow,LiputanIslam.com-Setelah Kementerian Luar Negeri Rusia memprotes tekanan ilegal Amerika terhadap media-media negara ini, kini Kementerian Kehakiman Rusia menyatakan, pihaknya tengah menggodok rencana untuk melakukan hal serupa terhadap media-media Amerika.

Menurut laporan AFP, Kementerian Kehakiman Rusia telah mengirim peringatan kepada media-media Amerika yang aktif di wilayah federal Rusia. Media-media Amerika diperingatkan, jika mereka bersikap “tidak profesional,’ mereka akan mendapat perlakuan sama seperti yang diterima media Rusia di Amerika.

“Jika tekanan Washington terhadap media-media Rusia di Amerika terus berlanjut, kami juga akan memberlakukan pembatasan aktivitas media Amerika di Rusia,”demikian bunyi salah satu paragraf dalam statemen Kementerian Kehakiman Rusia.

Kanal Russia Today pada bulan lalu mengaku, mereka mendapat tekanan dan perlakuan diskriminatif di Amerika. Seorang anggota Senat Amerika dari partai Demokrat bahkan menuntut agar kanal ini dianggap sebagai “mata-mata asing.”

Russia Today juga diberi tenggat waktu hingga 17 Oktober untuk bergabung dengan FARA (Foreign Agents Registration Act). Lembaga ini dibentuk tahun 1938 dengan tujuan mencegah propaganda Nazi, khususnya di organisasi-organisasi media. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL