Sana’a,LiputanIslam.com—Tentara Yaman yang didukung oleh pejuang dari aliansi Komite Pupuler Yaman, telah melancarkan serangan rudal melawan tentara Saudi yang bermarkas di wilayah Najran Selatan. Serangan ini berhasil menewaskan enam tentara Saudi.

Jaringan televisi berbahasa Arab, al-Masirah, melaporkan pada Kamis (29/6), sebuah rudal telah ditargetkan ke arah pangkalan al-Shabakah. Selain itu, tentara Yaman juga melancarkan serangan yang sama ke pangkalan militer al-Farizah yang berlokasi di wilayah Jizan, Barat Daya Arab Saudi.

Baru-baru ini, tentara Yaman telah meningkatkan serangan mereka kepada Arab Saudi, sebagai bentuk pembalasan atas serangan mematikan yang sebelumnya dilancarkan oleh Saudi ke negara miskin tersebut.

Di hari yang sama, seorang anggota militer Yaman turut melaporkan terjadinya bentrokan yang cukup sengit antara kelompok militan pendukung mantan presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi dengan pejuang Houthi Ansarullah di Kota Sirwah, wilayah tengah Provinsi Ma’rib.

Anggota militer tersebut menambahkan bahwa bentrokan yang berlangsung lebih dari 24 jam itu telah menewaskan enam anggota militan pendukung Abd Rabbuh Hadi dan 14 pejuang Houthi. Kantor berita Yaman melaporkan bahwa di antara korban yang meninggal dalam pertempuran tersebut adalah seorang komandan kelompok militan pendukung mantan presiden Hadi.

Sementara itu, laporan lainnya juga mengatakan puluhan tentara bayaran Saudi tewas dalam bentrokan tersebut.

Saudi Arabia telah memimpin kampanye militer yang brutal melawan Yaman selama lebih dari dua tahun. Tujuannya adalah untuk menghabisi kelompok pergerakan Houthi dan menegakkan kembali kepemimpinan Mansur Hadi yang menjadi sekutu setia Riyadh.

Hingga saat ini, agresi militer Arab Saudi belum berhasil mencapai tujuannya. Sementara itu, jumlah korban yang gugur telah mencapai 12.000 jiwa.

Gerakan Houthi, yang didukung oleh tentara dan komite populer, sejauh ini telah mempertahankan Yaman dari agresi militer yang dilancarkan Saudi. Peperangan ini telah berlangsung sejak 2014, saat pemerintahan Mansur Hadi lengser dari tampuk kekuasaannya. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL