Pyongyang,LiputanIslam.com—Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan pada Sabtu (8/7) bahwa mereka telah menerbangkan rudal-rudal AS di dekat perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Penerbangan rudal-rudal AS merupakan respon atas uji coba senjata yang sebelumnya dilakukan oleh Pyongyang.

Kantor berita Yonhap melaporkan bahwa rudal-rudal tersebut terbang mendekati wilayah perbatasan Korut yang dipenuhi oleh kelompok militer.

Petinggi militer Korsel mengatakan bahwa latihan militer ini ditujukan untuk menanggapi serangkaian peluncuran rudal balistik yang dilakukan oleh Korut beberapa waktu lalu.

Empat pesawat tempur AS dan Korsel melakukan acara latihan militer gabungan di daerah Yeongwol, sebuah wilayah yang berjarak 80 kilometer dengan perbatasan Korut.

Pada Selasa lalu, Korut melakukan uji coba nuklir antar benua untuk pertama kalinya, sebagai bantuk perlawanan terhadap Washington atas permusuhan terhadap program nuklir yang ia kembangkan.

Pada Rabu, tentara AS dan Korsel pun menembakkan rudal balistik secara bersamaan dalam sebuah acara latihan militer bersama. Penembakan rudal ini merupakan sinyal kuat yang dikirim untuk pimpinan Korut.

Badan Pertahanan Rudal AS, mengatakan pada Jum’at (7/7) bahwa pihaknya akan segera melakukan uji coba sistem anti rudal-balistik di Alasaka. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL