Foto: presstv

Foto: presstv

Kairo, LiputanIslam.com-Jangan keburu ngeri jika Anda membaca judul berita ini. Ini sama sekali tak ada kaitannya dengan kisah horor. Ini tentang sebuah toko buku unik yang ada di Kairo.

Toku buku ini menyediakan ruang khusus bagi para pelanggannya untuk menjerit. Pemilik toko buku yang diberi nama Bab al-Dunya ini mengatakan,”Ruang ini bermanfaat untuk membebaskan diri dari stres harian. Orang-orang datang kemari dan menjerit untuk lepas dari beban masalah mereka.”

Sebagai salah satu kota terbesar di Afrika, Kairo adalah kota yang sangat sibuk dan dicemari polusi suara.

Tiap pelanggan memiliki waktu sepuluh menit untuk menyendiri di Ruang Jeritan. Dinding-dinding ruang ini telah dilengkapi peredam suara.

Di salah satu sudut ruangan, ada sejumlah alat musik tabuh seperti drum dan tambur. Alat-alat ini bisa digunakan pelanggan untuk menghilangkan stresnya.

Gagasan untuk membuat ruangan ini dicetuskan pertama kali oleh salah satu pelanggan tetap Bab al-Dunya.

“Awalnya, gagasan ini terasa aneh bagi saya. Saya lalu melakukan browsing di internet. Ternyata di dunia banyak terdapat ruang-ruang seperti ini,”tutur si pemilik toko buku.

Pertanyaannya, benarkah menjerit bisa mengurangi stres?

Universitas Laurentian, Kanada, tahun lalu pernah mengadakan penelitian tentang hal ini. Dalam budaya lokal Kanada, orang-orang biasa berteriak dan menjerit guna mengobati stres.

Hasil penelitian ini menunjukkan, berteriak memberikan pengaruh cukup signifikan pada otak dan memperbaiki karakter seseorang.

Tentu, yang dimaksud bukanlah tindak kekerasan dalam bentuk meneriaki orang lain. Yang dimaksud di sini adalah seseorang secara sadar, berteriak di tempat tertentu guna mengurangi stresnya.

Pemilik Bab al-Dunya mengatakan, sekarang ini para pelanggan Ruang Jeritan lebih banyak dibanding bagian-bagian dari toko bukunya. Bahkan ada yang sengaja datang dari jauh untuk menggunakan ruang unik ini.(AF/presstv.fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL