9c3cc4ec-41ac-4558-aa35-7ac2f045e510Teheran,LiputanIslam.com-Kemenangan Donald Trump dalam pilpres Amerika mendapat tanggapan dari sejumlah tokoh politik Iran.

Hassan Rouhani, Presiden Republik Islam Iran, menyatakan, Iran adalah negara bermartabat karena kebijakan-kebijakannya berdasarkan kehendak rakyat. Oleh karena itu, hasil pemilihan presiden Amerika tidak berdampak pada kebijakan-kebijakan Republik Islam Iran.

“Posisi Amerika di masyarakat internasional telah melemah dikarenakan kebijakan-kebijakannya yang keliru. Kesenjangannya dengan masyarakat dunia dan Eropa akan memperparah posisinya ini. Hasil pilpres Amerika adalah pertanda adanya perselisihan dan instabilitas internal. Akan butuh waktu lama untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam negeri ini,”ungkap Rouhani.

Menurut Rouhani, saat ini Amerika tak bisa lagi menggunakan Iranphobia untuk mengintimidasi negaranya. Mereka juga tak mampu lagi memobilisasi negara-negara lain untuk menekan Iran.

“Kecerdikan Iran dalam kesepakatan nuklir adalah ia tidak menerima JCPOA sebagai hasil kesepakatan dengan sebuah negara atau pemerintah, tapi menerimanya sebagai sebuah resolusi PBB. Sebab itu, kesepakatan ini tak bisa diubah dengan sikap negara tertentu,”demikian ia menjelaskan.

Sementara itu, menanggapi hasil pilpres Amerika, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qasemi, menyatakan bahwa politik regional Amerika harus direvisi secara serius.

Dia mengatakan,”Bagi rakyat dan negara Iran, hal terpenting dan yang menjadi barometer penilaian adalah kinerja pemerintahan Amerika yang akan datang.”

“Dalam dekade-dekade terakhir ini, rakyat Iran dan Republik Islam Iran mendapat pengalaman pahit dari sikap dan kebijakan para pejabat Amerika,”pungkasnya.

Mohammad Javad Zarif, Menlu Iran yang kini sedang berkunjung ke Rumania, juga turut berkomentar atas kemenangan Trump.

Dia mengatakan,”Kode etik kami adalah tidak mencampuri urusan internal negara-negara lain. Karena Iran dan Amerika tak memiliki hubungan politis, yang penting adalah presiden baru Amerika berkewajiban mematuhi kesepakatan nuklir (JCPOA). Kami yakin masyarakat internasional juga mengharap hal serupa dari Amerika.”(af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL