Saudi,LiputanIslam.com—Para analis politik percaya bahwa Riyadh sedang menyembunyikan jumlah korban tentara Saudi yang tewas selama perang tiga tahun melawan Yaman. Para analis tersebut menambahkan bahwa tindakan itu dapat menyebabkan runtuhnya kerajaan Saudi.

Berdasarkan atas website berita al-Najm al-Thaqib, kantor berita Saudi telah melaporkan bahwa 63 tentara Saudi telah terbunuh dalam empat tahun terakhir.

Para analis tersebut percaya bahwa perang Yaman sangat merugikan Arab Saudi dan jika jumlah militer yang tewas terungkap, maka akan menimbulkan kekacauan di negara tersebut bahkan dapat menyebabkan runtuhnya kerajaan Saudi.

Berbagai laporan, bulan lalu, menyebutkan bahwa pada bulan April saja tentara Yaman telah berhasil menewaskan 384 tentara Saudi dan tentara bayaran.

Situs berita al-Masdar melaporkan bahwa para tentara yang tewas tersebut meliputi tentara bayaran Sudan, tentara koalisi pimpinan Saudi, dan tentara Yaman yang masih memperjuangkan Presiden Yaman Abdrabbuh Mansur Hadi yang digulingkan.

Selain itu, 1029 tentara yang didukung Saudi menderita luka-luka dan separuhnya sedang dalam keadaan kritis. Sementara itu, 10 tentara ditangkap oleh pasukan rakyat sementara.

Sumber tersebut tidak menyebutkan korban di pihak tentara Yaman dan tentara rakyat yang berjuang untuk mendukung pemerintah yang mengendalikan Ibukota Yaman pada September, 2014.

Sementara itu, serangan tentara Yaman dan tentara rakyat terus menerus mengganggu tiga provinsi selatan Arab Saudi. (fd/Fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL