Libya,LiputanIslam.com—Para pejabat dan saksi yang terkait mengatakan bahwa lebih dari 2000 migran yang berusaha pergi ke Eropa dibawa dari laut Mediteranian pada Jum’at, (14/04). Aksi penyelamatan terhadap para migran ini terjadi secara dramatis dan satu orang migran ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

Seorang juru bicara penjaga pantai Italia mengatakan bahwa mereka telah melakukan 19 aksi penyelamatan dengan jumlah migran mencapai 2074 orang. Para migran ini diketahui menggunakan 16 perahu karet dan tiga perahu kayu kecil.

Medicins Sans Frontiers (MSF) mengatakan dalam tweet-nya bahwa salah satu remaja ditemukan tewas di perahu penumpang yang berhasil diselamatkan,

“Laut terus menjadi kuburan,” kata MSF pada tweet-nya.

Juru bicara penjaga pantai juga menegaskan bahwa satu orang telah meninggal dunia. Sayangnya, ia tidak memberikan keterangan yang lebih detail terkait hal itu.

MSF mengatakan bahwa dua kapal mereka, Aquarius dan Prudence, telah menyelamatkan sekitar 1000 orang yang berada di sembilan kapal.

Para migran yang putus asa itu berjuang untuk tetap bertahan hidup. Rekaman video menunjukkan kelompok penyelamat melompat ke dalam air di lepas pantai Libya untuk membantu para migran tersebut.

“Selama 19 tahun meliput peristiwa migrasi, saya tidak pernah menemukan hal seperti ini,” ucap fotografer Reuters, Darrin Zammit.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi, hampir 32.000 migran telah tiba di Eropa melalui laut sepanjang tahun ini. Sementara itu, lebih dari 650 orang dinyatakan tewas atau hilang. (fd/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL