AbuDhabi,LiputanIslam.com-Investigasi yang dilakukan Reuters menunjukkan, tiap tahun emas senilai milyaran dolar diselundupkan dari Afrika ke Uni Emirat Arab (UEA), untuk kemudian dikirim ke Eropa, Amerika, dan belahan dunia lain.

Berdasarkan data-data bea cukai, UEA pada tahun 2016 menyelundupkan emas senilai 15 milyar dolar dari Afrika. Tak ada negara lain yang mengimpor emas dari Afrika sebesar nilai ini. Pada tahun 2006, penyelundupan emas Afrika ke UEA hanya bernilai 1,3 milyar dolar.

Menurut hasil investigasi Reuters, volume penyelundupan emas Afrika ke UEA di tahun 2016 adalah 446 ton, dengan beragam kadar karat dan kemurnian. Sebagai perbandingan, volume impor emas UEA dari negara-negara Afrik pada tahun 2006 hanya sebesar 67 ton saja.

Mayoritas impor emas UEA juga tidak tercantum dalam catatan bea cukai negara-negara Afrika. Menurut para pakar ekonomi yang diwawancari Reuters, data ini menunjukkan bahwa emas-emas itu dikeluarkan UEA tanpa membayar pajak ke negara-negara tempat asal emas itu.

Menurut pengakuan perusahaan-perusahaan penambang emas  kepada Reuters, mereka tidak mengekspor emas produksi mereka ke UEA. Ini menunjukkan bahwa emas yang masuk ke UEA berasal dari jalur tidak resmi. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*