London,LiputanIslam.com-Seorang hacker muda asal Inggris dijatuhi hukuman penjara selama dua tahun, Jumat (20/4). Dia didakwa telah meretas sejumlah akun pejabat tinggi AS, termasuk John Brennan (kepala CIA).

Kane Gamble (18) dinyatakan bersalah atas tuduhan 10 kasus pelanggaran keamanan informasi yang ia lakukan sejak Juni 2015 hingga Februari 2016.

Gamble didampingi ibunya saat diadili di pengadilan Old Bailye. Vonis dari pengadilan juga meliputi penyitaan semua perangkat komputer yang dimiliki Gamble.

Aksi peretasan ini dilakukan Gamble di kamarnya di Coalville. Awalnya dia mengambil sejumlah informasi dari pusat operator melalui telepon, kemudian menggunakan informasi tersebut untuk meretas akun-akun para pejabat itu.

Gamble memperkenalkan dirinya sebagai John Brennan kepada para operator telepon, khususnya Verizon dan AOL.

Dia berhasil mengambil sejumlah dokumen penting dari email pribadi mantan kepala CIA tersebut. Sebagiannya adalah informasi terkait operasi militer dan data intelijen tentang Iran serta Afghanistan.

Gamble juga mengubah password email Brennan dan mengambil alih kendali i-Pad istri Brennan. Dia bisa berbicara dengan istri Brennan saat menghubungi operator AOL.

Gamble mengaku, aksinya dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap rakyat Palestina. Dia berpendapat, AS dan sekutunya telah membunuh banyak warga sipil Palestina yang tak bersalah. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*