Praha,LiputanIslam.com-Kementerian luar negeri Republik Ceko pada Rabu (25/4) mengumumkan, konsulat kehormatan negara ini akan dibuka kembali di Quds (Yerusalem) pada Mei mendatang. Di saat yang sama, presiden Ceko juga berharap agar kedubes negaranya juga dipindahkan ke Quds.

Dalam statemen kemenlu Republik Ceko disebutkan, keputusan ini tidak memengaruhi surat kesepakatan final terkait Quds. Negara ini disebut tetap menghormati sikap bersama Uni Eropa bahwa Quds adalah ibukota Israel dan Palestina.

“Konsulat kehormatan Republik Ceko, yang dibuka di awal dekade 90-an, ditutup pada tahun 2016 karena kematian mantan konsuler kehormatan negara ini,”jelas juru bicara kemenlu Republik Ceko.

Presiden Republik Ceko, yang dikenal dekat dengan Rezim Zionis, kembali mengutarakan keinginan untuk memindahkan kedubesnya ke Quds.

Milos Zeman mengaku, Benyamin Netanyahu bersedia memberikan rumah pribadinya jika dia (Zeman) memindahkan kedubes ke Quds.

Para pejabat negara-negara Eropa yang menentang pemindahan kedubes mereka ke Quds disebut Zeman sebagai “pengecut.” Dia mengklaim, Republik Ceko tidak meniru AS dalam memindahkan kedubes. Justru AS-lah yang dianggapnya mencontek gagasannya. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*