NewYork,LiputanIslam.com-Wakil tetap Venezuela di PBB menegaskan, rakyat negaranya siap untuk menghadapi kemungkinan intervensi militer AS.

“Kami siap sepenuhnya untuk menghadapi agresi militer asing mana pun. Jutaan orang di negara kami siap untuk melakukan perlawanan lama dengan senjata apa pun yang mereka miliki,”kata Jorge Valero kepada kantor berita Anadolu, Sabtu (2/2).

Sembari menyinggung perang AS dengan Vietnam selama 20 tahun, Valero menuding bahwa Washington berniat menciptakan kondisi serupa dengan Vietnam di Venezuela.

“Donald Trump (presiden AS) berencana untuk melancarkan Perang Dunia Ketiga,”ucapnya.

Ia menyatakan, AS akan mengirim pasukan militer ke Venezuela dalam beberapa hari mendatang. Menurutnya, rakyat Venezuela akan menghadapi setiap invasi asing. Dia berharap agar masyarakat dunia memberikan dukungan untuk negaranya.

Berdasarkan sejumlah laporan, AS telah menempatkan sejumlah armada lautnya di pesisir Kolumbia untuk melakukan intervensi militer di Venezuela. Pada hari Minggu (3/2), Trump menyatakan bahwa tindakan militer adalah “salah satu opsi” AS untuk menyikapi krisis politik di negara Amerika Latin tersebut.

Juan Guaido (ketua parlemen Venezuela) pada 23 Januari lalu menyebut Nicolas Maduro (presiden sah Venezuela) sebagai “presiden ilegal.” Guaido, yang didukung AS dan negara-negara Barat, mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara Venezuela. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*