Doha,LiputanIslam.com-Kementerian ekonomi dan perdagangan Qatar menyatakan, pusat-pusat perbelanjaan di negara itu telah dilarang untuk menyimpan, membeli, dan menjual barang-barang yang diproduksi Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir.

Staf-staf kementerian ekonomi Qatar akan mengadakan sidak secara rutin dan menindak tegas para pelanggar.

Juru bicara kementerian luar negeri Qatar pada pekan lalu mengklaim, Doha sukses mengubah blokade yang dipaksakan empat negara Arab menjadi sebuah kemenangan baginya.

Sebelum ini, harian terbitan Kuwait, al-Ray, mengutip dari sejumlah sumber diplomatik bahwa Kuwait gagal mengatasi krisis antara Qatar dan empat negara Teluk yang telah berjalan hampir setahun.

Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir memutus hubungan diplomatik dengan Qatar sejak 5 Juni tahun lalu. Negara-negara ini menuding Doha mendukung terorisme, sehingga mereka memblokade semua jalur darat, laut, dan udara dengan Qatar.

Sejak awal krisis, Qatar menegaskan bahwa negara-negara pemblokadenya berupaya menggoyahkan kedaulatan nasionalnya, yaitu dengan cara melontarkan tuduhan, fitnah, dan tuntutan-tuntutan yang tak bisa dipenuhi.

Hingga kini, upaya-upaya untuk memediasi pihak-pihak yang bertikai tidak membuahkan hasil. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*