Doha,LiputanIslam.com-Harian Mesir, al-Watan, mengklaim bahwa Qatar memberikan waktu tiga hari untuk keluar dari Dewan Kerjasama Negara-negara Teluk (GCC).

Menteri Luar Negeri Qatar, Muhammad bin Abdurrahman Al Thani, menyatakan bahwa Doha menentukan tenggat waktu ini kepada empat negara pemboikotnya. Dalam tiga hari, negara-negara tersebut diminta untuk mengkaji ulang tindakan mereka terhadap Qatar.

Al-Watan melaporkan, Qatar akan keluar dari keanggotaan GCC setelah berakhirnya tenggat waktu ini. Al Thani menyatakan, dia telah menyampaikan syarat-syarat bertahannya Qatar di GCC kepada organisasi tersebut.

Sebelum ini, Doha telah menolak memenuhi syarat-syarat yang diajukan empat negara Arab kepadanya.

Senin kemarin (10/7), Dewan Menteri Saudi dalam rapat mereka mengklaim, boikot atas Qatar diberlakukan karena Doha dituduh berupaya meruntuhkan GCC.

Para menteri luar negeri Saudi, Bahrain, UEA, dan Mesir telah bertemu pada Rabu (5/7) di istana al-Tahrir, Kairo. Agenda rapat tersebut adalah membahas jawaban Qatar terhadap syarat-syarat yang diajukan mereka.

Empat negara ini mengecam Doha dan menyatakan bahwa mereka tidak bisa mendiamkan peran destruktif Qatar di kawasan begitu saja. “Keinginan kami adalah menjamin keamanan nasional negara-negara Arab dan menjaga perdamaian internasional,”demikian klaim mereka. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL