Kairo,LiputanIslam.com-Dalam wawancara dengan salah satu situs berita Mesir, seorang qari ternama negeri ini menyatakan, menganut mazhab Syiah sama sahnya seperti menganut empat mazhab besar Ahlussunnah.

Syekh Ahmad Ahmad Nuaina menyinggung fatwa bersejarah Syekh Syaltut, mantan mufti dan rektor al-Azhar.”Dalam fatwanya di tahun 1959, Syekh Syaltut menegaskan, mazhab Ja’fari (Syiah) sama sahnya seperti mazhab Hanafi, Hanbali, Syafii, dan Maliki. Fatwa mazhab Ja’fari bisa dijadikan rujukan oleh pengikut Ahlussunnah,”jelasnya.

Dalam wawancaranya dengan situs berita asy-Sya’b al-Misri, Nuaina menambahkan, muslimin harus mengetahui fakta ini. Mereka harus menghindari setiap bentuk pemecah belahan dan diskriminasi terhadap sesama mazhab Islam. Sebab, Allah dan agama-Nya tidak terbatas pada satu aliran pemikiran dan kepercayaan saja.

Qari ternama Mesir ini prihatin atas upaya sebagian oknum yang mencoba memecah belah kaum muslimin. “Di masa genting ini, muslimin harus menjaga persatuan dan solidaritas mereka,”ungkapnya.

Di akhir wawancara, Nuaina menyatakan, kini masyarakat Islam harus fokus pada titik-titik persamaan antara mazhab-mazhab akidah dan fikih. Mereka harus menahan diri untuk mengungkit titik-titik perbedaan antara mereka.(af/abna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL