Sochi,LiputanIslam.com-Dalam pertemuan dengan Bashar Assad di kota wisata Sochi, Vladimir Putin menyatakan bahwa kondisi saat ini telah siap untuk menghidupkan semua dimensi politik Suriah. Ini semua berkat kesuksesan yang diperoleh di kancah militer.

Menurut Putin, segala langkah telah diambil guna menyelesaikan krisis Suriah, mulai dari perundingan Astana hingga dialog nasional Suriah.

“Sekarang kita bisa mengambil langkah-langkah selanjutnya bersama Suriah. Tugas berikutnya adalah memulihkan ekonomi dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga yang didera kesulitan,”kata Putin.

Presiden Rusia tak lupa mengucapkan selamat kepada Assad atas keberhasilan Damaskus memerangi kelompok-kelompok teroris. Ia berkata, militer Suriah telah melapangkan jalan bagi tindakan-tindakan besar dalam rangka memperkuat kedaulatan hukum.

Infrastruktur ekonomi Suriah, kata Putin, bisa dipulihkan usai teroris-teroris di berbagai titik penting Suriah (dekat ibukota) telah meletakkan senjata mereka.

Presiden Rusia menegaskan, Moskow menjalin kontak dengan semua pihak, termasuk Staffan de Mistura (dubes PBB untuk urusan Suriah), guna mengatasi krisis di negara Assad.

Menurut laporan kantor berita TASS, Putin berkata kepada Assad bahwa dia mengharapkan keluarnya pasukan militer dari Suriah. Sebab, Kremlin berpendapat bahwa kemenangan yang diraih tentara Suriah dalam memerangi terorisme membuat negara ini tidak lagi memerlukan kehadiran militer asing.(af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL