Damaskus,LiputanIslam.com-Abdel Bari Atwan, redaktur harian Rai al-Youm, dalam tulisannya menyatakan, kebijakan politik presiden Rusia telah memikat hati ribuan warga Arab dan Muslim.

Atwan membahas tentang tur Timur Tengah yang dilakukan Vladimir Putin baru-baru ini. Menurutnya, kunjungan Putin ke Suriah, Mesir, dan Turki menunjukkan pengaruh kuat Moskow yang meningkat pesat, sementara pengaruh Amerika justru menukik drastis di Timur Tengah.

Atwan juga menyebut kian kuatnya poros muqawamah dan kembalinya poros ini ke masalah utama Arab.

Wajar jika Putin mengawali turnya dengan mengunjungi pangkalan udara di Latikia, utara Suriah. Pangkalan ini berperan penting dalam penyelesaian krisis Suriah dan penggagalan semua rencana penggulingan Bashar Assad.

Menurut Atwan, ketika Putin mengumumkan kemenangan operasi militer Rusia di Suriah serta menginstruksikan penarikan pilot dan jet-jet tempurnya, itu merupakan bagian lain dari pameran kekuatan Putin.

Kesuksesan Putin di Suriah telah membuka pintu-pintu Timur Tengah untuknya. Dia telah mengirimkan sebuah pesan kuat kepada pemerintah-pemerintah di kawasan, yaitu bahwa tindakan politik Rusia yang didasari diplomasi dan dukungan militer bisa mendatangkan kemenangan-kemenangan bagi Moskow dan para sekutunya.

Ada perbedaan besar antara pernyataan kemenangan yang diumumkan George W. Bush pada April 2003 setelah pasukan Amerika tiba di Baghdad, dan deklarasi kemenangan yang disampaikan Putin di Latikia, Suriah.

Dalam kasus pertama, Amerika berhadapan dengan kelompok perlawanan Irak serta kehilangan banyak serdadunya, karena mereka menginvasi Irak atas provokasi dan lobi Israel. Sedangkan Rusia mendapat kemenangan berkat manajemen yang baik dalam krisis Suriah dan ketidak raguan untuk mengirim jet tempur dan jenderal-jenderalnya guna menyelamatkan sekutunya. Tindakan Putin ini telah sukses memenangkan hati ribuan warga Arab dan Muslim. (af/ilna)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*