Moskow,LiputanIslam.com-Presiden Rusia berpendapat, meski negara-negara Eropa tidak ingin melihat rudal-rudal AS ditempatkan di wilayah mereka, namun mereka tidak berani mendebat Washington dalam masalah ini.

“Apakah kalian menyangka bahwa negara-negara Eropa suka melihat misil-misil jarak menengah AS berada di Eropa? Tidak satu pun orang yang menghendakinya. Namun mereka memilih untuk tetap bungkam. Lalu di mana kedaulatan mereka,”kata Vladimir Putin.

Dilansir dari kantor berita Tass, Putin berpendapat bahwa tampaknya negara-negara Eropa menyangka bisa mendapat keuntungan dari sejumlah pakta, termasuk NATO.

Menurutnya, dibandingkan Uni Soviet dahulu, Uni Eropa lebih otoriter dan kerap mengatur kebijakan bagi para anggotanya.

“Tak ada negara Eropa yang bisa bersikap independen,”kritiknya.

Terkait komunitas ekonomi Eurasia, Putin mengatakan, ada beberapa organisasi transnasional yang negara-negara anggotanya menyerahkan sebagian dari kekuatannya dan bergantung kepada organisasi tersebut.

“Kami telah memindahkan sebagian dari hak kedaulatan dan kemerdekaan kami ke sana. Meski demikian, hal ini dilakukan atas dasar kesadaran. Kami tahu bahwa tindakan ini akan membuat perdagangan kami lebih kompetitif,”tandasnya. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*