Moskow,LiputanIslam.com-Vladimir Putin pada Rabu (7/3) menjelaskan motif kehadiran Rusia di Suriah. Dia mengaku, Moskow mengirim pasukannya guna mencegah munculnya “Afghanistan Baru.”

Menurut laporan Interfax, Putin menyatakan bahwa Rusia terjun ke lapangan untuk membantu pemerintah Damaskus dan mencegah terbentuknya pusat terorisme besar di Suriah.

“Kebijakan kami terkait Suriah bukan demi pamer kekuatan dan menunjukkan seberapa tegasnya kami. Kami bertindak berdasarkan informasi nyata yang membuat kami cemas,”tutur Putin.

Menurutnya, di antara kelompok-kelompok teroris yang aktif di Suriah, terdapat 2500 warga Rusia. Sementara 4500 orang dari mereka berasal dari negara-negara Asia Tengah yang menjalin kesepakatan bebas visa dengan Rusia.

“Andai pemerintah Suriah runtuh, niscaya akan muncul sebuah pusat teroris baru yang akan bertahan beberapa dekade ke depan. Tentu kami tidak senang melihat ‘Afghanistan Lain’ di dekat kami.”

“Andai kami tidak bertindak; andai kami tidak menggempur teroris di Suriah dan menghancurkan mereka serta mengukuhkan pemerintahan sah di sana, kami akan menghadapi konsekuensi yang jauh lebih berat di masa depan,”pungkas Putin. (af/tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*