Moskow,LiputanIslam.com-Vladimir Putin mengumumkan, negaranya akan mulai mengeluarkan pasukan utamanya dari Suriah mulai Selasa ini (12/12).

Putin dalam konferensi pers bersama menteri pertahanan dan luar negeri Rusia mengatakan, angkatan bersenjata negaranya telah meraih target-target yang dicanangkan. “Oleh karena itu, saya menginstruksikan kepada Kementerian Pertahanan untuk memulai proses pemulangan tentara kita,”kata Putin seperti dilansir oleh Sputnik.

Menurut Putin, pasukan Suriah dan Rusia telah sukses memerangi terorisme internasional serta mengambil kendali banyak hal.

Menteri Pertahanan Rusia juga menyatakan, ada banyak titik balik penting dalam perang melawan terorisme.

Sergei Shoigu mengungkapkan, pasukan Rusia telah menewaskan lebih dari 2000 teroris di Suriah. 17 di antara mereka adalah petinggi kelompok teroris yang memasuki Suriah dari Rusia.

Pasukan Suriah dengan bantuan tentara Rusia telah membebaskan 400 kota dan desa, serta menguasai lebih dari 10 ribu kilometer persegi kawasan Suriah, kata Shoigu.

“Rusia telah mencegah penyelundupan minyak oleh teroris, atau melenyapkannya secara total di sebagian kawasan, juga mencegah pengiriman dana dan senjata kepada kelompok teroris,”jelas Shoigu.

Putin berharap, keputusannya untuk menarik tentara Rusia akan mendorong semua pihak guna menyelesaikan krisis Suriah melalui cara damai.

Meski demikian, keberadaan militer Rusia di Suriah akan terus berlanjut. Kremlin belum menentukan batas waktu penarikan semua tentara Rusia. Putin sendiri menegaskan, sebagian dari pasukan Rusia akan bertahan di pangkalan udara Latakia. (af/alalam/isna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL