Moskow,LiputanIslam.com-Pilpres Rusia telah berlangsung Minggu (18/3) kemarin. Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, tampaknya Vladimir Putin akan kembali terpilih untuk memimpin Negeri Beruang Merah.

Menurut pengumuman Komisi Pemilu Rusia, hasil exit poll menunjukkan bahwa Putin menang dalam pilpres Rusia 2018 usai meraih suara lebih dari 70 persen.

Kantor berita Interfax melaporkan, penghitungan exit poll menunjukkan Putin mendapatkan 73,9 persen suara dari seluruh penjuru Rusia.

Selain exit poll, hasil awal penghitungan suara juga menegaskan kemenangan Putin. Hingga berita ini diturunkan, 21,33 persen suara telah dihitung dan Putin memperoleh 71,79 persen suara.

Posisi kedua ditempati Pavel Grudinin dari Partai Komunis dengan 15,9 persen suara, sedangkan posisi ketiga ditempati Vladimir Zhirinovsky dari Partai Liberal Demokrat dengan 6,96 suara.

Putin memiliki tujuh rival dalam pilpres kali ini. Namun hasil ini adalah kemenangan paling telak Putin dalam empat kali keikutsertaannya dalam pilpres Rusia.

Ini adalah kali keempat Putin terpilih sebagai presiden Rusia. Antara tahun 2000-2008 dia menjabat sebagai presiden, dan antara 2008-2012, dia juga berstatus sebagai perdana menteri saat kembali memenangkan pilpres.

Sejak tahun 2012, parlemen Rusia menambah masa jabatan presiden hingga 6 tahun untuk satu periode, hingga membuat Putin menjabat presiden hingga tahun 2018 ini.  Dengan kemenangan kali ini, Putin akan memimpin negara terbesar dunia ini hingga 2024. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*