Washington,LiputanIslam.com-Seorang perwira pensiunan militer AS mengecam keras upaya sejumlah petinggi Gedung Putih yang menghendaki konflik dengan Iran. Douglas MacGregor menegaskan, AS harus segera menarik kapal-kapal perangnya dari Teluk Persia.

MacGregor sendiri disebut-sebut sebagai kandidat pengganti John Bolton, andai dia nanti dipecat dari jabatan penasihat keamanan nasional AS.

Dalam wawancara dengan Fox News, MacGregor menyatakan bahwa formasi serdadu dan kapal AS yang dikirim ke Timteng defensif, bukan ofensif. Menurutnya, AS ingin meyakinkan para sekutunya bahwa mereka siap membantu jika ada ancaman dari Iran.

Terkait situasi di Gedung Putih, MacGregor mengatakan,”Saya memilih nama ‘Tim Satu Orang’ bagi Presiden (Trump), karena dia adalah satu-satunya orang yang secara terbuka menentang konflik dengan Iran.”

Dia berpendapat, Trump harus segera menarik kapal perang AS dari Teluk Persia dan menempatkannya di Laut Arab atau bahkan di timur Mediterania. MacGregor menilai, keberadaan kapal perang itu adalah pemicu potensial konflik di kawasan.

MacGregor juga menepis klaim bahwa Iran adalah ancaman bagi AS. Menurutnya, perseteruan Iran dengan sejumlah negara Arab adalah “perselisihan antarmuslim.”

“Saudi dan UEA ingin melibatkan kita dalam konflik dengan Iran. Jelas bahwa Israel juga akan menyambut baik (konflik) ini. Namun saat ini, yang paling berambisi adalah Saudi dan negara-negara Arab Teluk,”ujar MacGregor.

“Mereka (Arab) tidak senang melihat perkembangan di Yaman…Mereka ingin melihat Iran diusir dari Irak dan Suriah. Satu-satunya harapan untuk mewujudkan harapan mereka adalah dengan melibatkan AS,”lanjutnya.

MacGregor juga meyakini bahwa ledakan di pelabuhan Fujairah tidak didalangi Iran. Insiden itu, katanya, hanya mirip sebuah sandiwara yang bertujuan meningkatkan tensi serta melibatkan AS dalam konflik di Timteng. (af/alalam)

Baca:

IRGC: Keberadaan Militer AS di Timteng Melemah

Iran akan Hempaskan Militer AS dengan Senjata Rahasia

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*