Tel Aviv,LiputanIslam.com—Sekitar 20.000 rakyat Israel melakukan aksi demonstrasi di Tel Aviv pada Sabtu kemarin (2/12). Demonstrasi ini digelar untuk melawan pemerintahan yang korup dan kesewenang-wenangan PM Israel, Benjamin Netanyahu, yang dianggap telah menyalahgunakan jabatannya.

Demonstrasi ini merupakan demonstrasi terbesar yang digelar akhir-akhir ini. Para demonstran anti korupsi berdemo untuk melawan rezim Netanyahu yang dianggap telah melakukan kesalahan.

Para pejabat pemerintah Israel diduga telah terlibat dalam dua kasus korupsi. Pertama korupsi yang melibatkan penerimaan hadiah dari pengusaha kaya, dan yang kedua melibatkan kesepakatan dengan pemilik salah satu surat kabar.

Selain itu, aksi protes juga dipicu oleh sebuah rancangan undang-undang yang berisi pelarangan bagi polisi untuk mempublikasikan temuannya dalam dua penyelidikan terkait Netanyahu.

Seorang juru kamera Reuters dan beberapa media Israel memperkirakan jumlah masa demonstrasi mencapai 20.000 orang. Namun, pihak kepolisian masih belum memberikan keterangan angka yang resmi.

Para pengamat mengatakan bahwa rancangan undang-undang tersebut merupakan upaya yang jelas untuk melindungi Netanyahu. Namun, beberapa pihak yang pro terhadap rancangan undang-undang tersebut mengklaim bahwa hal itu ditujukan untuk melindungi hak-hak para tersangka. (fd/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL