Jenewa,LiputanIslam.com—Tindakan rezim Israel yang menduduki wilayah Palestina serta menangkapi para penduduknya menuai kritikan keras puluhan negara. Kritik tersebut disampaikan dalam pertemuan Dewan HAM PBB yang berlangsung di Jenewa pada Selasa (23/1).

Delegasi Afrika Selatan menyebut Israel sebagai satu-satunya komunitas “aparteid” di dunia. Utusan Palestina dalam sidang tersebut, Dima Asfour, meminta agar rezim Israel segera mengakhiri kolonialisasi atas Palestina yang telah berlangsung selama 50 tahun.

“Kami meminta Israel untuk mematuhi undang-undang internasional dengan cara mengakhiri penjajahan atas Palastina dan membongkar dinding ilegal serta infrastruktur terkait yang berada di wilayah Palestina. Selain itu, otoritas Israel harus memberikan konpensasi kepada orang-orang Palestina atas semua kerugian yang terjadi karena penjajahan tersebut,” ucap utusan Palestina itu secara tegas.

Israel telah memproklamirkan keberadaannya sejak tahun 1948 dengan cara mengekspansi sebagian besar wilayah Arab. Ekspansi lahan terus berlanjut pada tahun 1967. Hingga saat ini, rezim Israel telah mencuri banyak tanah milik rakyat Palestina dan mengisinya dengan bangunan-bangunan perumahan.

Iran, Yordania, UEA, Rusia, Malaysia dan beberapa negara lainnya menyeru agar Israel segera mengakhiri pelanggaran tersebut. Sementara itu, Inggris, Finlandia, dan Austria merupakan beberapa negara yang turut prihatin atas kesewenang-wenangan rezim baru itu. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL