TelAviv,LiputanIslam.com-Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu, menjadi bahan cemoohan di dalam dan luar Israel. Dia diolok-olok karena melakukan upaya menggelikan untuk memalsukan sejarah.

Netanyahu mengunggah foto sebuah koin dalam laman Facebook-nya. Dia mengklaim, koin itu berusia 2000 tahun dan berkaitan dengan periode Kuil Kedua. Namun, setelah terbukti bahwa itu koin palsu, dia segera menjadi bahan olok-olok para netizen di media-media sosial.

Dalam lamannya, Netanyahu menulis:”Ini sebuah penemuan berharga, yang merupakan bukti lain atas hubungan erat antara bangsa Israel dengan Kuil (al-Quds), Jerusalem, serta komunitas di Judea dan Sumeria.”

Begitu kepalsuan koin itu tersebar, laman perdana menteri Israel segera menghapus postingan Netanyahu tersebut.

Menurut media-media Israel, potongan logam itu dicetak sebuah museum Israel 15 tahun lalu sebagai souvenir bagi anak-anak.

Harian Israel, Haaretz, mengutip dari seorang arkeolog dan pakar koin di museum Israel, menyatakan,”Tidak ada kemungkinan sedikit pun bahwa itu koin asli. Itu bukan koin kuno, bahkan benda itu juga tak layak disebut koin.”

Haaretz melaporkan, potongan logam ini ditemukan pekan lalu oleh seorang bocah bernama Hallel Halevy di pemukiman Yahudi, Halamish, utara Ramallah. (af/alalam/haaretz)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL