asimaNew Delhi, LiputanIslam.com — Asima Khatoon, 25 tahun, wanita asal India yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Arab Saudi disiksa hingga tewas oleh majikannya. Namun pihak rumah sakit di Saudi berusaha menutupi dengan menyebut ia meninggal karena sebab alami.

Dua bulan sebelum kematiannya, Asima berhasil menghubungi keluarganya di India. Ia menceritakan perlakuan buruk yang diterima dari majikannya yang bernama Abdul Rahman Ali Mohammed. Ia dilecehkan baik secara fisik dan mental, dan meminta kepada orang tuanya agar membantu ia kembali ke India sesegera mungkin.

Sebagaimana laporan media India, yang dikutip RT (11/5/2016), Asima berangkat ke Riyadh pada Desember 2015 dengan menggunakan visa turis, yang memiliki jangka waktu 90 hari. Namun ketika Asima hendak keluar, ia dikurung oleh majikannya. Pihak kepolisian India menyebut bahwa pihaknya tengah menyelidiki kasus tersebut.

Sejak lama Saudi telah dikecam oleh lembaga hak asasi manusia di seluruh dunia atas perlakuan yang tidak manusiawi terhadap para pekerja rumah tangga, terutama yang berasal dari Asia dan Afrika.

potong tanganPenyiksaan terhadap Asima bukanlah kali pertama yang dilakukan oleh para pemakai jasa pekerja asing. Bulan Oktober 2015 lalu, Kasthury (Kasturi) Munirathnam, usia 50-an tahun, tangannya dipotong oleh majikannya sendiri karena ia melaporkan penyiksaan fisik dan mental selama bekerja.

“Selama bekerja sebagai pembantu rumah tangga, ia disiksa. Ia bekerja keras, tetapi tidak diberikan makanan, juga tidak dibayar,” terang Vijayakumari, adik korban.

Kasthury kemudian memutuskan untuk memberitahu para pejabat lokal tentang pelecehan ia menghadapi sana, tapi majikannya marah,” kata Vijayakumari.

“Karena sudah tidak kuat disiksa, ia mencoba melarikan diri dari rumah melalui balkon, namun tangannya dipotong oleh majikannya yang perempuan. Ia jatuh dan menderita cedera tulang belakang yang serius. Ia dibawa ke rumah sakit oleh tetangga setempat,” terangnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL