Riyadh,LiputanIslam.com-Setelah memberlakukan embargo ekonomi dan blokade darat-udara atas Qatar, kini Saudi dikabarkan berniat memutus jalur daratnya dengan negara tersebut.

Menurut laporan harian Saudi, Sabq, negara ini akan membuat kanal air sepanjang perbatasannya dengan Qatar, sehingga negara kecil semi pulau ini akan menjadi “sebuah pulau” seutuhnya.

Kanal yang dinamai “Salwa” ini memiliki panjang 60 kilometer, lebar 200 meter, dan kedalaman 20 meter. Kanal ini akan dibuat di dalam wilayah Saudi.

Sebanyak sembilan perusahaan akan menanam investasi dalam proyek ini. Estimasi biaya pertama untuk pembuatan kanal ini adalah 2,8 milyar riyal Saudi.

Dengan digalinya kanal ini, Saudi bermaksud menghilangkan perbatasan daratnya dengan Qatar. Saudi juga dikabarkan berniat membangun sejumlah hotel dan pelabuhan besar di tepi selatan kanal tersebut.

Sementara tepi utara kanal ini, yang sejajar dengan wilayah Qatar, akan dijadikan sebagai kawasan militer.

Sabq melaporkan, proyek ini masih menanti persetujuan resmi pemerintah Saudi. Begitu izin dikeluarkan, kanal ini diprediksi akan selesai dibuat dalam waktu setahun. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*