Teheran, LiputanIslam.com — Masyarakat Iran menggelar demosntrasi di depan Kedubes Nigeria di Teheran pada hari Selasa kemarin (15/12/2015), untuk mengutuk serangan-serangan keji yang dilakukan oleh militer terhadap Muslim Syiah di Nigeria. Selain itu, mereka juga menyuarakan dukungan kepada Ayatullah Ibrahim Zakzaky, yang rumahnya dikepung dan pendukungnya dibantai. Kondisi Zakzaky sendiri terluka dan sedang dirawat. (Baca: Muslim Nigeria Dibantai, Dunia Bungkam…)

Dalam pernyataannya, para demonstran ini menyebut bahwa serangan atas Muslim Syiah di Nigeria ini adalah bagian dari plot Takfiri-Zionis. “Tangan-tangan Amerika Serikat dan Israel turut berlumuran darah para korban,” tudingnya, seperti dilansir Tasnimews. (Baca: Jejak Israel di Nigeria)

Mereka juga meminta agar pemerintah Nigeria tidak memberikan kesempatan untuk aksi-aksi penistaan Muslim setempat. (Baca: Demo Masif Rakyat Nigeria, Tuntut Pembebasan Ayatullah Zakzaky)

Sementara itu Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan bahwa Iran akan mengirimkan tim medis untuk merawat korban. Dalam pembicaraannya melalui telepon dengan Presiden Nigeria Muhammadu Bujari, ia mengingatkan agar ummat Islam bersatu menghadapi plot dari musuh.

Buhari sendiri menyakan bahwa mereka akan bertanggung jawab penuh untuk menjaga keamanan ummat Islam di Nigeria. Ia akan mengusut tuntas kasus ini dan akan menghukum pihak-pihak yang lalai menjalankan tugasnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL