TelAviv,LiputanIslam.com-Yayasan The Genesis Prize pada hari Jumat (20/4) mengumumkan, Natalie Portman menyatakan tak akan menghadiri seremoni ‘Nobel Yahudi’ yang akan diadakan di Tanah Pendudukan.

Genesis Prize selaku penyelenggara seremoni mengutip dari manajer Portman, bahwa sejumlah insiden terakhir di Israel telah menyakiti hati aktris berkewarganegaraan Israel-AS ini. Oleh karena itu, dia menyatakan tidak suka menghadiri tiap acara yang diadakan di sana.

Menanggapi keengganan Portman, pihak penyelenggara menyatakan, mereka khawatir keputusan aktris ini berujung pada politisasi ‘niat baik’ yayasan tersebut.

Meski demikian, berdasarkan kutipan Haaretz dari seorang sumber di Yayasan Genesis, Portman diklaim tak berniat mengembalikan hadiah sejuta dolar yang diterimanya. Aktris peraih Oscar di film “Black Swan” ini berencana menyumbangkannya untuk program sosial.

Setiap tahun Yayasan Genesis memberikan hadiah satu juta dolar kepada tiap orang Yahudi yang dianggap meraih kesuksesan di bidang yang digelutinya.

Seperti diketahui, tentara Israel bereaksi keras terhadap para pengunjuk rasa Palestina di demo al-Awdah. Mereka menembaki warga Palestina tak bersenjata yang hadir dalam unjuk rasa damai tersebut.

Dalam kurun waktu tiga pekan terakhir, sebanyak 35 warga Palestina dikabarkan gugur akibat kebrutalan Israel, sementara lebih dari lima ribu lainnya terluka. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*