Washington,LiputanIslam.com-Washington dikabarkan resmi menolak memberikan imunitas embargo Iran kepada negara-negara Eropa. Menlu  dan menteri keuangan AS dalam surat mereka kepada petinggi Prancis menjelaskan alasan keputusan tersebut.

Sebelum ini, Prancis meminta agar AS mengizinkan perusahaan-perusahaan Eropa tetap melanjutkan kerjasama niaga dengan Iran.

Kantor berita Bloomberg pada Sabtu (14/7) memublikasikan detail surat yang dikirim Mike Pompeo dan Steven Mnuchin untuk menlu dan menteri keuangan Inggris, Prancis, dan Jerman.

Dalam surat ini disebutkan, pemerintah AS berniat “memberlakukan tekanan ekonomi besar” atas pemerintah Iran. Pompeo menegaskan, selama Washington tidak menyaksikan “perubahan signifikan, berkelanjutan, dan transparan” dalam kebijakan Iran, AS akan tidak akan bersikap melunak.

“Presiden (Trump) keluar dari JCPOA dengan satu alasan sederhana, yaitu karena kesepakatan ini tidak bisa menjamin keamanan bagi warga AS. Oleh karena itu, kami tidak bisa membuat pengecualian untuk kebijakan ini, kecuali dalam kondisi tertentu yang jelas-jelas berkaitan dengan kepentingan nasional kami,”demikian salah satu isi surat tersebut. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*