Washington,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri AS menyatakan, jika hubungan Washington-Riyadh diturunkan, itu merupakan kekeliruan bagi keamanan nasional AS.

“Mengucilkan atau menurunkan level koalisi AS dengan Saudi tak akan memengaruhi pemerintah negara itu untuk mengambil kebijakan yang lebih baik,”kata Mike Pompeo di sidang Senat AS, Rabu (28/11).

Dia mengklaim, Muhammad bin Salman tengah membawa negaranya dalam jalur reformasi. “Ancaman dari Iran adalah alasan untuk menjaga hubungan AS dengan Saudi,”ujarnya.

Dalam teks pidatonya, Pompeo mengklaim bahwa penghentian dukungan militer terhadap Saudi di perang Yaman akan merugikan keamanan AS.

Usai menghadiri pertemuan tertutup dengan anggota Senat AS, Pompeo mengatakan,”Tak ada laporan langsung bahwa Putra Mahkota (Saudi) yang menginstruksikan pembunuhan Khashoggi. Ini adalah satu-satunya hal yang bisa sampaikan secara terbuka.”

Menurut Pompeo, dia dan James Mattis (menhan AS) secara gamblang menyatakan bahwa sekarang bukan saat yang tepat untuk menyusun resolusi terkait Saudi.

Senada dengan Pompeo yang membela Saudi, Mattis juga mengklaim, peran Saudi diperlukan guna mewujudkan keamanan bagi Israel,

Mattis mengklaim, tentara AS tidak terlibat langsung dalam pertempuran di Yaman. Menurutnya, AS hanya memberikan bantuan informasi dan dukungan logistik kepada koalisi Saudi.

Pompeo dan Mattis berpidato di Senat AS untuk menjelaskan peran AS dalam perang Yaman dan dukungan Washington kepada Saudi. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*