Washington,LiputanIslam.com-Seorang senatro senior AS menyatakan pendapatnya soal terpilihnya Mike Pompeo sebagai menlu baru AS. Chuck Schumer mengatakan,”Saya berpendapat bahwa Presiden Trump ingin memiliki seorang menlu haus perang di kabinetnya.”

Menurut Schumer, seperti yang dikutip Reuters, orang yang akan menduduki pos menlu harus dipertimbangkan dengan seksama. Senator dari Partai Demokrat ini mengaku, dia tidak sepakat dengan Pompeo dalam banyak hal.

“Dia (Pompeo) lebih mirip seorang yang haus perang daripada seorang diplomat,”ujar Schumer.

“Dalam hal ini, pandangan saya mungkin lebih mirip dengan pendapat Presiden. Seperti saya, dia juga ingat bahwa kita telah menghabiskan lebih dari satu milyar dolar di Irak. Lebih dari lima ribu serdadu pria dan wanita kita telah tewas. Namun tampaknya kondisi Irak sekarang tak lebih baik dari masa itu,”tambahnya.

Schumer menilai, Pompeo terlalu terburu-buru dalam menyarankan opsi militer, di saat opsi diplomatik seharusnya lebih efektif.

Dia menyatakan bahwa Trump, baik dalam ucapan atau tindakannya, melakukan diplomasi luar negeri secara sembarangan dan tanpa pertimbangan. Menurut Schumer, menhan AS bukan hanya orang yang menghargai nilai diplomasi, tapi juga harus orang yang bisa mengendalikan tindakan instingtif Trump.

“Saya menyimpulkan, Pompeo bukan orang yang bisa memengaruhi Presiden dan tak akan bisa mencegahnya saat dia berbuat kekeliruan,”tandas Schumer. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*