Kabul,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri AS dalam lawatan mendadaknya ke Kabul mengatakan, negaranya siap untuk angkat kaki dari Afghanistan. Meski demikin, Mike Pompeo mengaku, belum ada kesepakatan terkait waktu dan tanggal penarikan tentara AS dari negara tersebut.

“AS berharap kesepakatan damai Afghanistan bisa diwujudkan sebelum awal September,”kata Pompeo dalam pertemuannya dengan Ashraf Ghani (presiden Afghanistan), Selasa (25/6), seperti dilansir dari Sputnik.

Baca: Ansharullah Yaman Gempur Lagi Bandara Abha dan Jizan dengan Drone

Demi mewujudkan kesepakatan damai Afghanistan, hingga kini Zalmay Khalilzad (wakil khusus AS) telah mengadakan 6 perundingan dengan para wakil Taliban di Doha, ibukota Qatar.

Dalam pernyataan yang dirilis kantor kepresidenan Afghanistan, Selasa kemarin, Ghani menyatakan kesiapan pemerintah negaranya dan para partner internasional untuk mengakhiri 4 dekade krisis Afghanistan melalui jalur politik. Kini, ia mengatakan, saatnya bagi Taliban dan para pendukungnya untuk bergabung dengan mereka.

Abdullah Abdullah (ketua eksekutif pemerintahan Kesatuan Nasional) dalam pertemuan Ghani dan Pompeo menyatakan, mayoritas rakyat Afghanistan menghendaki perdamaian yang langgeng di negeri mereka.

“Namun jangan sampai perdamaian ini berujung pada hilangnya norma dan raihan yang dicapai rakyat Afghanistan dengan penuh pengorbanan,”tandasnya. (af/alalam)

Baca:

Bahrain Larang Segala Kegiatan yang Menentang Konferensi Manama

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*