Yaman,LiputanIslam.com—Politisi Senior Yaman mengungkapkan bahwa Saudi Arabia telah memindahkan ratusan anggota ISIL ke Yaman untuk berperang  sebagai tentara bayaran Riyadh di negara yang dilanda perang.

“Saudi Arabia sendiri merupakan pendukung al-Qaeda dan ISIL. Sekarang ia memindahkan anggota dari dua kelompok teroris tersebut ke Yaman,” ucap Pimpinan Kongres Yaman, Mohammad Mon’am, kepada situs berita Arab Sputnik, pada Rabu (19/4).

“Minggu lalu, 400 anggota ISIL telah dipindahkan ke Yaman dari Suriah menggunakan 3 kapal; Saudi Arabia dan US jelas-jelas ingin agar para teroris menguasai jalan Bab al-Mandab,” tambahnya.

Pernyataan yang serupa juga disampaikan oleh Ketua organisasi publik Yaman mengatakan pada Desember lalu, bahwa agresi militer Saudi melayan Yaman berkontribusi pada perkembangan organisasi kelompok teroris seperti al-Qaeda dan ISIL.

Yahya Mohamed Abdullah Saleh mengatakan bahwa selama krisis di Yaman organisasi kelompok teroris telah menerima banatuan dana dari bank-bank asing.

“Agresi militer Saudi melayan Yaman berfungsi sebagai lahan berkembangbiak bagi kekuatan kelompok ekstremis seperti al-Qaeda dan ISIL. Di saat pemerintah pusat melemah karena negara tersebut terus dilanda perang, pasukan militan ini memiliki kesempatan untuk menyebarkan pengaruhnya,” tambah Saleh.

Ia juga mendesak masyarakat internasional untuk menekan Arab Saudi, agar menarik pasukannya dan menghentikan pertumpahan darah di Yaman.(fd/Fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL