Kairo,LiputanIslam.com-Mantan kandidat presiden Mesir menyatakan, Rezim Zionis adalah satu-satunya musuh utama bangsa Arab. Menurut Abdul Munim Abul Futuh, siapa pun yang menganggap Iran sebagai musuh utama Arab, berarti dia orang tidak waras.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi al-Jazeera, Abul Futuh mengatakan, kendati ada sejumlah perselisihan antara Iran dan negara-negara Arab, namun Israel tetap merupakan musuh asli Arab.

“Bagaimana pun juga, Iran adalah sebuah negara. Stabilitas Timur Tengah hanya bisa diwujudkan dengan kesepahaman antara segitiga Iran, Turki, dan Arab,”tandasnya.

Abu Futuh mengecam aparat keamanan Mesir yang menangkap Sami Anan. Anan merupakan kandidat potensial untuk pemilihan presiden Mesir yang akan datang.

Dia berpendapat, penahanan atas para kandidat pilpres akan menyebabkan tampilnya kandidat tunggal, yaitu Abdul Fatah el-Sisi, yang akan membuat rakyat Mesir terpaksa memilihnya.

Di lain pihak, Front Nasional Mesir menuntut agar rakyat memboikot pilpres. Partai ini menyatakan, pihaknya menentang penggunaan segala bentuk sarana militer untuk menghadapi gerakan-gerakan politis.

Pilpres Mesir akan dilangsungkan pada tanggal 16 hingga 18 Maret 2018 (di luar negeri), dan tanggal 26 hingga 28 Maret (untuk dalam negeri).

Jika pertarungan para kandidat berlanjut hingga putaran kedua, pilpres akan kembali diadakan pada 19-21 April (untuk luar negeri) dan 24-26 April (untuk dalam negeri). (af/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL