Khartoum,LiputanIslam.com-Ghazi Salahudin al-Atabani, seorang politikus Sudan, mengkritik keras partisipasi tentara negaranya di Perang Yaman. Dia menyebut perang ini sebagai “perang yang tidak memiliki target politik jelas.”

Dalam wawancara dengan Sudan Tribune, al-Atabani meminta agar koalisi Arab pimpinan Saudi ini segera mengakhiri agresi atas Yaman. “Tidak benar terlibat dalam perang yang menewaskan para serdadu Sudan, apalagi keterlibatan ini tanpa meminta pendapat dari parlemen selaku wakil rakyat,”ujar al-Atabani.

Dia mempertanyakan tujuan politis dari Perang Yaman, karena dia berpendapat, harus ada tujuan politis jelas di balik setiap perang. “Tidak ada yang tahu apa tujuan perang ini. Sebab itu, perang ini bisa berlangsung lama karena tak punya tujuan,”tuturnya.

Al-Atabani membentuk partai oposisi “al-Islah al-An” sejak mengundurkan diri dari jabatan penasihat Omar Bashir, presiden Sudan.

“Saya menasihati Saudi dan negara-negara lain dalam koalisi ini, agar mereka mengakhiri perang ini sesegera mungkin. Gunakan jalur dialog dan keluarlah dari rawa ini sebelum kalian terperosok lebih dalam,”tandas al-Atabani. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL