Sana’a,LiputanIslam.com—Komite Palang Merah Internasional (ICRC) memperingatkan pada Minggu (23/7) bahwa tahun ini lebih dari 600 ribu warga Yaman rentan terjangkit wabah kolera. Di saat yang sama, infrastruktur pelayanan kesehatan di negara ini mengalami kerusakan akibat agresi militer yang dilakukan Arab Saudi.

Komite tersebut menyatakan bahwa pada tahun ini, 1 dari 45 warga Yaman telah terjangkit penyakit kolera. Musibah ini juga semakin diperparah oleh agresi militer Arab Saudi atas Yaman yang telah menghancurkan fasilitas kesehatan di negara itu, sehingga hal ini akan semakin mendorong warga Yaman ke dalam kehancuran.

Komite Palang Merah Internasional (ICRC) dan Organisasi Kesehatan Dunia mencatat bahwa lebih dari 370 ribu kasus kolera telah menyebabkan 1800 warga Yaman meninggal dunia dalam kurun waktu satu tahun.

Kantor Urusan Kemanusiaan di Yaman menyatakan pada Minggu bahwa jumlah orang yang membutuhkan bantuan kemanusiaan di Yaman meningkat tajam, dari dua juta menjadi 20,7 juta orang.

Wabah kolera yang melanda Yaman semakin mengalami peningkatan sesudah Arab Saudi melangsungkan agresi militernya terhadap negara itu sejak tahun 2015. Beberapa pelabuhan dan akses transportasi di Yaman hingga kini masih diblokade oleh Arab Saudi. Hal itu menyebabkan terhentinya bantuan kesehatan atau pun makanan kepada para korban. Sementara itu, setengah dari seluruh fasilitas kesehatan yang ada di negara itu telah hancur akibat perang yang tak berkesudahan itu. (fd/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL