Baku, Liputanislam.com-Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad dalam pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di sela Pertemuan Puncak Gerakan Non-Blok (GNB) di Baku, Azerbaijan, Jumat (25/10/2019), mengungkapkan rasa takjub dan kekagumannya kepada pesatnya perkembangan sains dan teknologi Iran.

“Saya selalu merasa sebagai sahabat Iran, dan kemajuan Iran dalam teknologi dan sains mutakhir bagi saya menakjubkan… Saya takjub kepada kemampuan teknologi dan sains Iran serta kemajuan negara Anda,” ungkap Mahathir kepada Rouhani.

Dia menyebut embargo AS terhadap Iran bukanlah embargo terhadap Iran semata, melainkan juga terhadap negara-negara lain, termasuk Malaysia, sehingga semua negara ini harus melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mengembangkan kerjasama antarmereka.

Baca: Rusia Bantah Gunakan Fasilitas Komputer Iran untuk Lakukan Serangan Siber

Dia menambahkan, “Malaysia terpengaruh oleh resistensi dan kesolidan pemerintah dan rakyat Iran di depan tekanan AS, karena Iran dapat lolos dari tekanan AS dengan kondisi baik. Resistensi ini layak mendapat pujian.”

Mahathir Mohammad mengatakan, “Malaysia dan Iran sebagai dua negara Islam dapat mewujudkan kemajuan besar dengan menggunakan kemampuan sainsdan ekonominya, dan berkontribusi pula bagi kemajuan umat Islam.”

Di pihak lain, Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan bahwa pengembangan hubungan ekonomi Iran-Malaysia sangat bermanfaat bagi rakyat dan pemerintah kedua negara sehingga sudah sepatutnya diadakan peningkatan fasilitas untuk optimalitas dan komprehensivitas kerjasama secara bertahap.

Mengenai tekanan AS, Rouhani menegaskan bahwa bangsa-bangsa besar semisal Iran dan Malaysia tidak boleh tunduk dan menyerah kepada tekanan.

“Iran memang mengalami beberapa kesulitan akibat tekanan AS, tapi kami berhasil melewati tahap melalui perencanaan dan resistensi. Pertumbuhan dan indeks ekonomi merefleksikan realitas ini,” terang Rouhani.

Dia menjelaskan bahwa Iran telah membuktikan resistensi dan kesolidannya di depan segala bentuk tekanan negara arogan AS.

Rouhani kemudian menekankan keharusan adanya solidaritas dan persatuan Islam agar umat agama ini dapat menghadapi badai serangan musuh mereka. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*